Diagram Kurva Pompa Dijelaskan

Membaca kurva pompa akan memberi tahu Anda bagaimana kinerja pompa sehubungan menggunakan head tekanan dan aliran. Penutup kurva komposit pompa akan meliputi kurva kinerja pompa, kurva energi kuda, & NPSH yang diperlukan. Kurva dipengaruhi untuk kecepatan operasi tertentu (rpm) dan diameter saluran masuk / keluar eksklusif.

Kurva pompa buat EDDY Pump HD-10000 digambarkan pada bawah ini.

Kepala Pompa – Tekanan Pompa

Pada diagram model sumbu Y vertikal utama kita mempunyai tekanan ketua & dalam sumbu X horizontal, kita memiliki laju genre. Pada dasarnya head merupakan tekanan & laju aliran merupakan seberapa banyak air yg dapat dipindahkan oleh pompa.

Kepala berguna karena mengevaluasi kapasitas pompa buat melakukan suatu pekerjaan. Sebagian akbar aplikasi pompa melibatkan pemindahan fluida ke taraf yang lebih tinggi. apabila Anda wajibmemompa cairan hingga 30 kaki & pompa Anda tidak mempunyai ketua setidaknya 30 kaki, maka tidak terdapat kemungkinan itu akan bekerja. Pompa Anda akan membutuhkan setidaknya 30 kaki ditambah kehilangan goresan untuk menerima aliran yang dibutuhkan dalam titik pelepasan yg diharapkan.

Tekanan kepala akan bervariasi dengan cairan yg Anda pompa. Sebagai model, kami sudah membeli sebuah pompa yang bisa membentuk head 150 kaki (45.72m). Kemudian kami menggunakannya buat memompa air, tekanannya lebih kurang 54.25 psi (4.485 bar). Tetapi jika dipakai buat memompa ASI maka tekanannya sekitar 56.15 psi (4.64 bar). Tekanan akan bervariasi tergantung dalam cairan yang dipakai tetapi ketinggian yang bisa digerakkan sang pompa akan tetap sama.

Laju aliran pompa adalah berapa poly fluida yang dapat diangkut dalam ketika tertentu. Mengetahui hal ini, Anda bisa menilai apakah sistem yg ada bekerja secara efisien atau tidak. apabila Anda mengetahui laju genre yg wajibAnda capai tetapi sistem Anda tidak berfungsi, Anda dapat merogoh tindakan yang diharapkan buat memperbaiki kasus.

Cara terbaik untuk membaca laju aliran Anda dengan a pengukur genre. Ini adalah perangkat sederhana yang bisa mengukur jumlah cairan yang melewati pipa. Pasang ini ke pipa pembuangan Anda, sedekat mungkin dengan pompa Anda dan itu akan memberi Anda pembacaan laju aliran yang andal. Penting buat melengkapi sistem Anda dengan pengukur buat memeriksa kinerjanya berdasarkan ketika ke ketika. Bertahun-tahun dalam orang lain akan menciptakan perubahan dalam sistem dan akan dapat membaca meteran yg ditambahkan ke sistem buat memperbaiki perkara apa pun yang diperkenalkan ke sistem oleh perubahannya.

Kurva kinerja akan tidak selaras buat setiap pompa & beberapa akan lebih sesuai menggunakan kebutuhan sistem Anda lebih baik daripada yang lain. Anda umumnya akan melihat pada grafik saat laju aliran meningkat, tekanan head menurun.

Saat memilih pompa yg lebih besar , selama persyaratan sistem Anda berada dalam atau pada bawah garis kinerja, pompa bisa dipertimbangkan. Kinerja bisa diubah pada pompa yang ada menggunakan menggunakan impeler yg lebih kecil atau penggerak frekuensi variabel supaya lebih sinkron dengan kebutuhan Anda.Ukuran Rotor / Impeller

Rotor atau impeller adalah bagian inti & mengubah energi mekanik menjadi tenaga tekanan yang secara langsung memilih kapasitas angkut dan kinerja hidrolik berdasarkan pompa sentrifugal atau slurry. Fluida masuk ke impeler melalui mata lalu didorong oleh baling-baling / bilah waktu fluida melewati saluran.

Pada kebanyakan pompa jenis sentrifugal, berukuran impeller dapat diubah sinkron kebutuhan. Diameter impeler akan membarui seberapa banyak air yang dapat dipindahkan. Pada beberapa grafik kinerja pompa, Anda akan melihat beberapa kurva kinerja yang menaruh detail pompa buat impeler berdiameter tidak selaras. Diameter impeler akan dicantumkan pada ujung saluran. Ini memberi Anda variabel kuat yang dapat Anda ubah buat mencapai kinerja zenit buat aplikasi Anda.Pertimbangan Daya Pompa

Kurva BHP (energi kuda rem) memberitahuakn energi kuda yg diharapkan buat mengoperasikan pompa dalam titik tertentu dalam kurva kinerja. Garis dalam kurva tenaga kuda sesuai menggunakan kurva kinerja di atasnya dan, seperti kurva aliran kepala, garis yg tidak selaras sinkron dengan berukuran impeler yang tidak sama. Informasi ini berguna buat memastikan bahwa motor yang dipilih mempunyai berukuran yg benar & pula dipakai ketika menghitung biayakonsumsi daya.

Saat mengukur motor, total permintaan saat ini dan masa depan wajibdipertimbangkan buat memastikan bahwa motor mempunyai berukuran yang sahih. Motor biasanya berukuran nir dalam titik efisiensi zenit namun menggunakan penarikan daya maksimum yg akan diperlukan. Ini adalah praktik umum buat mengukur motor buat persyaratan tenaga kuda End of Curve (EOC). Efisiensi Pompa

Kurva kinerja pompa pula menaruh kurva efisiensi. Kurva efisiensi ini berpotongan dengan kurva genre kepala & diberi label dengan persentase. Efisiensi bervariasi pada seluruh rentang pengoperasian.

Beberapa kurva pula akan menandai Titik Efisiensi Terbaik (BEP). Ini merupakan titik pada kurva kinerja pompa yang berhubungan dengan efisiensi tertinggi dan umumnya antara 80-85% dari kepala epilog. Pada titik ini, impeler mengalami gaya radial minimum yg mendorong operasi yang mulus dengan getaran dan kebisingan rendah, sebagai akibatnya mengurangi perawatan dan umur alat-alat yg lebih lama.

Beberapa penghasil pompa akan memberikan grafik terpisah buat mengoperasikan pompa dalam kecepatan rotasi yg tidak sinkron. Anda lalu bisa membandingkan kinerja untuk menerima kecocokan yg dekat & kemudian menemukan motor listrik yg sesuai dengan ini. Biasanya, kecepatan rotasi yg lebih tinggi membuat lebih banyak servis & pemeliharaan, jadi jika memungkinkan, praktik yang baik adalah menentukan pompa berkecepatan lebih rendah yang memenuhi persyaratan sistem Anda.Kurva NPSHr

Bagian ketiga dari kurva pompa merupakan kurva Net Positive Suction Head Required (NPSHr). Kurva NPSHr menaruh liputan tentang ciri hisap pompa dalam genre yang tidak sinkron. Untuk liputan lebih lanjut tentang NPSH, silakan lihat pada sini.

Sumbu x masih diukur pada satuan arus masuk (galon per mnt), namun sumbu y sekarang diukur pada kaki NPSHr. Setiap titik pada sepanjang kurva mengidentifikasi NPSHr yang diharapkan sang pompa dalam aliran eksklusif buat menghindari perkara kavitasi yang akan menghambat pompa dan akan berdampak negatif pada kinerja pompa secara holistik.

NPSH adalah tekanan minimum yg wajibtersedia di saluran masuk hisap pompa buat mengatasi kehilangan yang masuk dan menghindari kavitasi.

Kavitasi merupakan pada mana tekanan di saluran masuk pompa mencapai titik yg relatif rendah sehingga air mulai mendidih, ini membentuk gelembung udara yang mengembang & runtuh dengan cepat yang secara sedikit demi sedikit akan menghancurkan bagian atas pompa dan casing, sebagai akibatnya membutuhkan pompa baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *