10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (terbaru Tahun 2021)

Pompa akuarium berfungsi buat mensirkulasikan air dalam akuarium melalui filter agar kebersihannya selalu terjaga. Keberadaan pompa akuarium sangat diharapkan, terutama bila Anda berencana buat memelihara ikan hias. Alat yg penting bagi keberlangsungan hayati ikan hias ini mempunyai beberapa tipe yg mungkin akan menciptakan Anda resah.

Untuk itu, kami akan mengungkapkan tips menentukan pompa akuarium dan mengulas beberapa rekomendasi merek pompa akuarium terbaik. Temukan aneka macam produk pompa akuarium yg cantik & berkualitas, misalnya merek Eheim, Resun, & Hidom dalam artikel ini. Simak informasinya dan pilih yang paling sesuai menggunakan kebutuhan Anda!Pembaharuan terakhir: 12 November 2021

Pompa akuarium mempunyai peran yang sangat penting. Alat ini berfungsi buat mengalirkan air, mengirim air ke tangki penyaringan (filter), dan aneka macam fungsi lainnya. Dengan adanya pengiriman air ke tangki penyaringan, kotoran dan makanan sisa akan tertinggal pada filter dan diuraikan oleh bakteri. Inilah yang membuat air pada pada akuarium senantiasa terjaga kebersihannya.

Selain itu, aliran air yang diciptakan sang mesin pompa akan menaikkan kadar oksigen terlarut dalam air. Oksigen ini tidak hanya penting buat ikan, tetapi pula buat koral, flora air, dan bakteri di dalam akuarium. Lalu, apabila pompa digabungkan menggunakan alat pengatur suhu, Anda akan bisa menjaga kestabilan temperatur dalam akuarium.

Apakah ada spesifikasi khusus yg wajibdiperhatikan ketika hendak memilih pompa akuarium? Tentu saja! Untuk detail, ikuti terus artikel ini sampai akhir.

Tentukan jenis pompa yg Anda butuhkan

Di pasaran Anda akan menemukan pompa udara & pompa air untuk akuarium. Apa fungsinya & bagaimana cara mengetahui jenis pompa yang Anda butuhkan? Simak penerangan selengkapnya berikut ini.

Power head, mensirkulasikan air buat membersihkan kotoran & sisa makanan

Kotoran ikan dan residu makanan dalamakuarium lama-kelamaan akan membuat air menjadi kotor & keruh. Kondisi ini tentunya jelek bagi ikan sebagai akibatnya Anda perlu segera mengatasinya memakai power head. Power head adalah pompa air yg ditempatkan pada dalam tangki akuarium buat menarik air masuk ke dalam filter.

Setelah melewati filter, air yang sudah higienis akan dikembalikan lagi ke pada akuarium. Aliran air yg keluar mengarah ke segala arah sehingga air bersirkulasi ke seluruh tangki & sedikit mengguncang bagian atas. 

Guncangan yg timbul akan memperbesar luas bagian atas air yg kontak menggunakan udara sehingga bisa meningkatkan pertukaran gas. Simak keterangan mengenai power head terbaik yang sudah kami siapkan pada bagian rekomendasi produk.

Aerator, mempertinggi kadar oksigen terlarut dalam air

Aerator merupakan pompa udara yg akan memastikan kadar oksigen dalam akuarium terdapat dalam jumlah memadai. Pompa ini bekerja dengan cara memompa udara masuk ke dalam akuarium. 

Dalam penggunaannya, aerator dikombinasikan dengan air stone agar membentuk gelembung udara & nantinya menaikkan kadar oksigen terlarut. Seperti yg sudah dijelaskan sebelumnya, power head pula bisa menambah kadar oksigen pada air.

Namun, aerator merupakan penyelamat saat keadaan darurat, misalnya ketika terjadi pemadaman listrik yg relatif lama. Hal tersebut dimungkinkan lantaran ketika ini sudah poly aerator yang memakai baterai buat mengoperasikannya. Nah, jangan lewatkan rekomendasi aerator akuarium terbaik di bagian akhir artikel ini, ya.

Pilih flow rate yg sinkron menggunakan berukuran aquarium

Untuk menjaga kualitas air pada akuarium, Anda perlu menyesuaikan flow rate dengan ukuran akuarium yang akan digunakan. Flow rate yang dimaksud pada sini merupakan banyaknya volume air yang bisa disirkulasikan dalam ketika satu jam. Sebagai contoh, bila akuarium berkapasitas 200 liter, pompa menggunakan flow rate 10 akan dapat mensirkulasikan 2000 liter per jam.

Untuk menghitung ukuran akuarium atau kapasitas air, gunakan rumus panjang x lebar x tinggi. Setelah mengetahui berukuran akuarium, pilihlah produk menggunakan flow rate atau kecepatan aliran yang sesuai. Sebagai pedoman, pilih pompa menggunakan flow rate lima hingga 7 untuk membuat lingkungan dengan aliran yang tenang.

Kenali tipe pompa dari lokasi pemasangannya

Berdasarkan lokasi pemasangannya, pompa akuarium terdiri atas tiga tipe, yakni submerged, inline, dan tipe amfibi. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Simak pemaparan selengkapnya sambil memilih lokasi pemasangan yg Anda kehendaki.

Submersible pump, mudah dipasang & cenderung tidak berisik

Sesuai dengan namanya, submersible pump adalah pompa yg dipasang di bawah permukaan air. Pompa ini bekerja dengan cara menarik air buat dialirkan melalui filter sehingga akuarium sebagai bersih balik .

Proses instalasi submersible pump umumnya lebih mudah lantaran nir memerlukan loka spesifik. Lalu, lantaran dipasang pada bawah permukaan air, suara yang didapatkan pun cenderung nir mengganggu. Tetapi, pompa ini membentuk panas sehingga suhu akuarium secara keseluruhan akan semakin tinggi.

Inline pump, lebih kuat dan nir memengaruhi suhu air

Berkebalikan dengan tipe sebelumnya, inline pump adalah pompa yg dipasang di luar akuarium. Tipe ini terdiri menurut berbagai ukuran, mulai dari yang minisampai akbar. Kekuatan alirannya pun umumnya lebih akbar dibanding tipe submersible dan tidak membuat suhu air akuarium meningkat.

Namun, Anda perlu menyediakan loka pemasangan khusus dan perlu berhati-hati menempatkannya bila ada anak-anak atau hewan peliharaan. Selain itu, bunyi pompa ini cukup bising sebagai akibatnya mungkin akan mengganggu konsentrasi Anda waktu sedang berada pada dekat akuarium.

Tipe amfibi, pemasangan dapat diadaptasi menggunakan kebutuhan ikan

Sementara itu, pompa tipe amfibi merupakan campuran dari kedua tipe pompa di atas. Keuntungan dari tipe ini ialah bisa dipasang di bagian luar atau di dalam akuarium. Dengan demikian, instalasi pompa bisa disesuaikan menggunakan kebutuhan ikan hias yg sedang Anda pelihara. Tetapi, pompa amfibi umumnya dijual menggunakan harga lebih tinggi dibanding kedua tipe lainnya.

Periksa kesesuaiannya menggunakan cooler, sterilizing light, atau alat-alat lainnya

Ketika Anda menambahkan perangkat seperti sterilizing light, cooler, atau perangkat lainnya pada akuarium Anda, peredaran air akan terhambat. Hal tadi mengakibatkan pompa atau selangnya memperoleh beban ekstra dan tidak akan sanggup bekerja sebagaimana mestinya. Tentu Anda mampu melakukan perawatan secara berkala, tetapi performa pompa akuarium Anda permanen tidak akan aporisma.

Lantaran itu, apabila Anda berencana menambahkan perangkat lain pada akuarium Anda, pastikan terlebih dulu kesesuaiannya menggunakan spesifikasi pompa akuarium yang hendak Anda beli. Jika perlu, pilihlah pompa akuarium menggunakan spesifikasi yang relatif tinggi agar lebih fleksibel buat dipadukan dengan perangkat lain.

Sesuaikan dengan karakteristik fauna pada aquarium

Pompa akuarium tidak selalu wajibukuran besar . Penting buat mengetahui nir hanya ukuran, namun jua karakteristik fauna pada akuarium Anda. Apabila Anda memelihara fauna yg hayati di aliran air hening, genre air deras akan membuatnya stres. Selain itu, bila aliran air terlalu deras, ikan cenderung bersembunyi sebagai akibatnya Anda nir mampu menikmati estetika mereka.

Anda sanggup mengurangi kekuatan genre air dengan cara menempatkan kayu atau batu di dekat ujung selang pada akuarium. Namun, dalam bagian tersebut lumut akan lebih cepat tumbuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pompa akuarium terbaik yg kami tentukan menurut cara menentukan di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti menggunakan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, & taraf agama terhadap seller. Produk kami urutkan menurut popularitasnya pada marketplace Shopee.

10Jenis pompaPower HeadTipe pemasanganAmfibiFlow rate1200 liter/jamDaya28 watt

9Jenis pompaPower HeadTipe pemasanganAmfibiFlow rate3500 liter/jamDaya80 watt

8Jenis pompaAeratorTipe pemasanganInlineFlow rate1080 liter/jamDaya8,5 watt

7Jenis pompaPower HeadTipe pemasanganSubmersedFlow rate5000 liter/jamDaya105 watt

6Jenis pompaAeratorTipe pemasanganInlineFlow rate90 liter/jamDaya1,lima watt

5Jenis pompaPower HeadTipe pemasanganSubmersedFlow rate400 liter/jamDaya5 watt

Jenis pompaAeratorTipe pemasanganInlineFlow rate210 liter/jamDaya5 watt

3Jenis pompaPower headTipe pemasanganSubmersedFlow rate2000 liter/jamDaya25 watt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *