Tiga Poin Menghitung Kapasitas & Menentukan Pompa Kolam Renang

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh, jumpa lagi dengan aku dalam artikel seputar dunia kolam renang. Mengetahui cara menghitung kapasitas pompa kolam renang akan sangat membantu pada memilih pompa kolam renang tadi, – IDNarmadi.

Bicara mengenai kolam renang, tidak hanya sebuah kontruksi beton yg berbentuk persegi panjang atau berbetuk bundar , lalu diisi air. Lalu sudah. Bukan-bukan begitu. Selain konstruksi, Kolam renang kentara merupakan satu kesatuan antara konstruksi dan system filtrasi.

Termasuk sarana dan prasarana pendukung lainnya. Dengan begitu kolam renang tadi sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Jadi, kolam renang adalah konstruksi beton berupa bak yang bisa menampung air. Dengan sistem filtrasi yang baik, maka air kolam renang tersebut sebagai tetap higienis, jernih, & kondusif apabila digunakan buat berenang.

Memiliki kolam renang memerlukan biayayang tidak sedikit. Lantaran banyaknya wahana pendukung yg harus disediakan, seperti jasa perawataan kolam renang, aksesoris perawatan, termasuk juga pompa kolam renang, filter, dan lain sebagainya.

Dalam artikel kali ini, aku akan fokus mengulas perihal menentukan pompa kolam renang yg sesuai menggunakan kebutuhan kolam renang Anda. Artinya pompa yang cocok digunakan dari luas dan kedalaman kolam renang Anda.

Bisa dibilang bahwa pompa kolam renang merupakan jantung bagi kolam renang. Pompa kolam renang tersebut berfungsi sebagai penghisap & pendorong air menuju filter. Kemudian setelah air melewati sistem filterisasi, air akan didorang balikmasuk ke pada kolam renang.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, tipe dan merk pompa kolam renang yang ditawarkan di pasaranpun semakin poly. Kondisi ini membuat Anda binggung dalam memilih pompa kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan kolam renang Anda.

Jangan kawatir, aku akan mengembangkan pengalaman dengan Anda, supaya Anda tidak lagi kebingungan dalam memilih pompa kolam renang yang sinkron menggunakan kebutuhan luas kolam renang di tempat tinggalAnda.Kiat Menghitung kapasitas & Tips Memilih Pompa Kolam Renang

Menurut pendapat aku, terdapat tiga tips yg sebagai dasar pada memilih pompa kolam renang agar sesuai dengan impian dan kebutuhan.

Sebelum Anda menentukan pompa kolam renang, pastikan tiga parameter di bawah ini:Mengetahui kubikasi air pada pada kolam renang.Mengetahui jarak kolam renang menggunakan ruang pompa.Mengetahui luas ruangan yang disediakan untuk pompa.

apabila Anda telah menerima ketiga parameter tadi, Anda akan lebih gampang pada menentukan kapasitas & memilih pompa kolam renang.

Saya akan mencoba mengulas sedikit agar dalam menentukan pompa bisa lebih tepat target dan sanggup menghasilkan peredaran yg maksimal/ optimal.1. Kubikasi Air

Langkah pertama yaitu mengetahui kubikasi air yg terdapat pada dalam kolam renang. Hal ini penting, buat memilih berapa HP berukuran pompa yang usahakan digunakan, supaya bisa menghisap dan mendorong air ke sistem filterisasi.

Disini gw akan mengasumsikan kolam renang yang berukuran panjang 10 meter, lebar 4 meter menggunakan kedalamam 1,5 meter.

Bagaimana cara menghitung kubikasi air kolam rengang?.

Kita mampu menghitung menggunakan rumus panjang kali lebar kali dalam. Ini buat kolam yg berukuran persegi panjang. Sehingga kubikasi kolam renang menggunakan perkiraan berukuran di atas sebagai: 10 m X 4 m X 1,5 m = 60 m³

Setelah mengetahui kubikasi air kolam renang, selanjutnya kita melangkang ke tip berikutnya yaitu:dua. Jarak Kolam Renang menggunakan Pompa

Mengetahui berapa jeda kolam renang menggunakan ruang pompa juga sebagai dasar pemilihan pompa kolam renang.

Jauh dan dekatnya jeda ruang pompa menggunakan kolam renang sangat berpengaruh pada Flow Rate-nya. Atau pada kemampuan pompa pada mengalirkan air dalam kurun ketika tertentu.

Jika jeda ruang pompa menggunakan kolam renang lebih berdasarkan 15 meter. Pilihlah pompa yang berkapasitas lebih, dan memiliki daya hisap dan dorong yg aporisma. Anda mampu memilih berukuran menggunakan menambahkan 1/2 (1/2) HP berdasarkan berukuran normal yang diharapkan.

Dalam memilih pompa kolam renang sangat dianjurkan agar sinkron dengan kebutuhan. Hal ini akan berpengaruh pada sistem sirkulasi & bisa menghemat biaya .

Jika kita memilih pompa terlalu mini, maka output yang di bisa dari sistem filterisasi kurang aporisma. Dan akan membutuhkan waktu aliran satu putaran yang lebih lama.

Namun jika terlalu akbar berdasarkan ukuran yg ditentukan, dapat berdampak pada rusaknya pipa instalasi dan juga filter yg terpakai. Biaya yang dikeluarkan buat pengadaan pompa juga lebih besar . Kebutuhan daya listrik niscaya akan lebih besarjuga.

Selanjutnya kita masuk ke tips yg terakhir .tiga. Kondisi Ruang Pompa

Memelih pompa kolam renang usahakan juga perlu menyesuaikan menggunakan kondisi ruang pompa.

Dalam hal ini, kita usahakan mengetahui ruang yang disediakan buat pompa, agar dapat menginstal pompa dengan maksimal . Jika 3 hal diatas telah Anda ketahui, maka Anda mampu memilih pilihan berukuran pompa.

Dengan perkiraan ukuran kolam renang di atas, kubikasi air kolam 60m³.  Anda dapat menentukan pompa yg berukuran 1 Hp buat mendapatkan output yang aporisma, dengan ukuran Flow Rate 16 m³/jam.

Artinya dalam waktu satu jam menggunakan memakai pompa ukuran 1Hp, dapat mengalirkan atau mensirkulasi air kolam renang sebanyak 16 m³.

Untuk kubikasi air kolam renang 60m³, maka akan memerlukan waktu (pada satu kali aliran) kurang lebih selama empat jam.  ( 60 : 16 = 3.75 )

Namun jika pada ketika empat jam menurut Anda masih terlalu usang, Anda dapat menambahkan ukuran pompa lebih besarlagi.

Umpamanya dengan berukuran pompa 2 Hp, menggunakan Flow Rate 30m³/jam . Dengan pompa 2 Hp dalam waktu satu jam bisa mensirkulasi air sebesar 30m³. Jika kubikasi air 60m³, maka ketika yang diharapkan buat  satu kali (putaran) peredaran air kolam renang kurang lebih 2 jam.

Dengan ukuran pompa yang lebih besar , maka saat untuk mensirkulasi air kolam renang akan lebih pendek.

Dari 3 tip di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam memilih pompa kolam renang dianjurkan sesuaikan menggunakan kebutuhan kolam renang. Sebelum memilih pompa harus mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu sebagai akibatnya mampu sempurna dalam menentukan pilihan sinkron kebutuhan.

Walaupun dalam pengerjaan pembuatan kolam renang Anda serahkan pada ahlinya, namun nir terdapat salahnya bila Anda mengetahui spesifikasi pompa yg akan dipakai.

Tambahan poin penting. Jangan tergoda dengan harga yg murah, pastikan layanan after sales service nya, sesuaikan spesifikasi pompa dengan kebutuhan luas kolam renang. Pilihlah pompa yg berkualitas (karena ber merek saja nir cukup).Video Cara Memilih & Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang

Demikian apa yang mampu saya paparkan, semoga bisa mengurangi kebingungan Anda pada memilih pompa kolam renang. apabila terdapat hal-hal yang ingin Anda tanyakan silahkan menghubungi aku melalui angka telepon yang tertera atau silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Saya merasa bergembira jika artikel ini bermanfaat, apabila anda merasa artikel ini berguna silahkan dibantu share supaya orang lain poly yang memahami kemudahan menentukan pompa kolam renang.

Artikel mengenai Cara Menghitung Kapasitas dan Memilih Pompa Kolam Renang ini dikirim oleh Bapak Ristana, Staff Dimulti Pool. Beliau bisa dihubungi melalui email pada [email protected] atau Telp. 021 8430 5011 ext.22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *