Macam Pompa Air

Pompa air bisa kita katakan galat satu indera yang vital dalam sebuah tempat tinggal/bangunan, yang mana pompa air merupakan indera bantu buat mendistribusikan air berdasarkan sumbernya hingga ke loka-tempat yang membutuhkan air. Tetapi kadang pompa air nir sanggup berfungsi maksimalsebagaimana mestinya dikarenakan “salah ” pada pemilihan spesifikasi pompa air yg dipakai.

Prinsip kerja pompa air merupakan menyedot air lalu mendorong air ketempat yang akan di aliri air. Kemampuan daya ataupun tenaga sedot dipengaruhi sang jarak asal air yg biasa dinyatakan pada bahasa “kedalaman sumur” sumber/sumur air dan juga dipengaruhi sang besarnya tenaga yg didapatkan dari pompa air tersebut, lalu pula daya dorong air ke loka yang akan di aliri air, yang bisanya sangat ditentukan juga menggunakan jarak “ketinggian tandon air” tower tandon air (water tank). Disamping itu pemilihan pompa air yg sudah tepat juga perlu didukung menggunakan menggunakan sistem rangkaian pemipaan yang baik & sahih serta pemakaia dimensi besaran pipa yang memenuhi kondisi sinkron dengan anggaran yang disarankan sang masing-masing pompa air. Salanjutnya jika menggunakan bantuan tandon air maka pendistribusian berikutnya kedalam masing-masing ruang tinggal menggunakan prinsip daya gravitasi bumi.

Macam-macam pompa air yg tersedia dipasaran diproduksi atas dasar pertimbangan kedalaman asal air/sumur dan jua asal air yg lainnya misalnya tandon bawah tanah (ground water tank), & pertimbangan jarak ketinggian ke tower tandon air (water tank) serta debit air yg dihasilkan dalam setiap menitnya. Yuuk kita uraikan satu persatu macam-macam pompa air.

1. Shallow Pump adalah pompa air yg buat sumur dangkal menggunakan jarak kedalam air sumur 9 meter ke permukaan tanah, oya kedalaman air sumur dihitung dari saat trend kemarau. Pompa air ini mempunyai daya dorong sampai pada ketinggian 7 meter dihitung berdasarkan posisi letak pompa air. Biasanya tertulis buat daya sedot/hisap dalam kata (suction head) sedang daya dorong dinyatakan menggunakan (discharge head), sedangkan total panjang menurut titik terdalam sumur sampai dengan ketinggian yg dicapai dinyatakan dengan Total head (suction head + discharge head). Maka total head shallow pump adalah 17 meter.

dua. Semi Jet Pump merupakan cocok digunakan buat sumur pada menggunakan jeda kedalam 11 meter dan ketinggian 9 meter. Agar daya yang didapatkan maksimalbisa dicapai maka yg perlu sangat diperhatikan merupakan sistem pemasangan instalasi pemipaannya, diantaranya; jangan sampai terjadi kebocoran dalam sambungan yg membuahkan tenaga jadi “ngempos”, hindari poly belokan & pakai besaran lubang diameter pipa sesuai petunjuk yg tertera dalam mesin pompa, misalkan; inlet merupakan pipa hisap diameter 1’lima (dibaca satu setengah dim) outlet pipa dorong ke tower tandon air diameter 1′ (dibaca satu dim). Dan masing-masing produk pompa air sudah dipastikan memasang warta ini pada body mesinnya.

3. Jet Pump merupakan pompa air buat sumur sangat pada dengan kedalaman maksimal20 meter & ketinggian buat daya dorong efektif 9 meter, dan jangan lupa selalu pakai buat menghitung kedalaman adalah waktu trend kemarau, misalkan anda mempunyai sumur menggunakan titik galian terdalam 22 meter dan bagian atas air saat isu terkini kering 18 meter & waktu musim penghujan permukaan air sumur terhadap muka tanah 14 meter, maka titik kedalaman sumur anda merupakan 18 meter bukan 22 meter & mesin pompa air yg cocok adalah “Jet pump”. Semoga anda bisa pahami ilustrasi ini.

4. Submersible Deep Well Pump adalah pompa air khusus buat kedalam lebih dari 20 meter atau kategori sumur sangat-sangat pada. Oya buat sistem instalasi pompa air ini biasanya dibantu dengan tempat transit air ad interim ditanah yg dinamakan tandon air ground tank, sehingga kerja mesin pompa sebagai sangat maksimal . Setelah air sampai di sumber ground tank lalu pendistribusian ke tower air yang ada diatas bangunan dapat menggunakan pompa air yg lebih mini.

5. Booster Pump adalah suatu indera yang pula masih dalam kata pompa air namun manfaatnya hanya sebatas untuk mendorong saja nir memiliki kapasitas daya hisap seperti biasanya pompa air yang lainnya. Booster pump bisanya digunakan buat membantu mendorong pendistribusian menurut tower water tank kedalam pembagian ke masing-masing loka, maka air yang mengalir nir hanya mengandalkan sistem gravitasi bumi saja. Instalasi pipa air yg menggunakan bantuan mesin pendorong booster pump maka hasilnya air akan kuat semburannya..wuuuzzz, indera ini cocok dipasang apabila kamar mandi anda terdapat “water shower”.

Apapun pompa airnya dan merknya namun bila kita tidak tepat memilih spesifikasi yang tepat maka pompa air nir bisa bekerja dengan baik. Sebagai catatan mengenai label spesifikasi yang tertera dalam body mesin pompa air menggunakan perhitungan angka maximal & jika anda ingin mendapatkan hasil kerja yg aporisma maka perhitungan ketika dipakai dilapangan jangan menggunakan angka hitungan maximal sehingga kerja pompa air sebagai lebih efektif karena nir dipaksa selalu bekerja diangka maximal yg dipengaruhi.

Watt Listrik yang dipakai pada sistem kerja mesin pompa air hampir sama menggunakan prinsip kerja kelistrikan pada mesin elektrik yg lain seperti AC, Kulkas juga Water heather, pada start awal putaran membutuhkan daya watt hampir dua (dua) kali lipat dan selanjutnya bersifat langsam alias stabil sesuai yg tertulis.

Kami sengaja nir mengupas mengenai perkara debit pompa air lantaran kecenderungan buat pompa air menggunakan debit air yg akbar cocok buat bangunan fungsi komersial menggunakan taraf pemakaian tinggi. Sehingga kami hanya membahas tentang hitung-hitungan yang lebih sederhana saja.

Sumbang saran :

1. Pastikan galian sumur hingga dalam kedalaman yg aporisma agar nir selalu digali ulang waktu musim kemarau datang.

dua. Kontrol bagian atas air sumur saat musim kemarau, jangan hingga pompa air bekerja tetapi pipa hisap jauh diatas batas bagian atas air sehingga akan menjadikan mesin pompa air rusak karena terus memutar tanpa ada genre air pada mesin.

3. Pastikan pemasangan pipa instalasi nir terjadi kebocoran & hindari poly belokan, selalu gunakan berukuran pipa yang ditentukan.

4. Gunakan tandon penampungan air yang mempunyai daya tampung (liter) yang relatif memadai agar pompa air nir setiap waktu bekerja. Sebagai citra saja, misal; ukuran 300L buat penghuni famili minidan 500L buat pemakaian yg lebih poly.

lima. Jangan menghidupkan genre listrik pompa air hanya dengan stop hubungan, namun dengan instalasi sakelar sehingga mudah dalam pengoperasian waktu On Off. Tambahkan switch automatis didalam tandon air sebagai akibatnya pompa air akan “On” hidup menggunakan sendiri jika air pada dalam tandon menjelang habis.

6. Biasakan matikan sakelar/aliran listrik yg nir dipakai dirumah apabila anda & famili sedang perjalanan jauh.

7.Letakan mesin pompa air didaerah yang gampang pada perawatan dan usahakan dinaungi dan berada diatas bagian atas tanah.

8. Upayakan kontrol syarat pompa air minimal 1 tahun sekali.

Demikian liputan yang sederhana ini semoga ada keuntungannya. Terimakasih sudah selalu mengikuti goresan pena kami.

Baca tips berikut ini :Menghitung ACMenghitung cat dindingMengoptimalkan daya listrikMenghitung genset tempat tinggaltanggaMemilih pompa air rumah tanggaMenghitung kabel listrikMenghitung septictank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *