Ingin Hidup Ekonomis Listrik, Sanggup Dimulai Dari Pompa Air : Okezone Economy

JAKARTA – Hidup berumah tangga pastinya poly anggaran tetap yg wajibdibayarkan tiap bulan. Listrik, telepon, hingga air sebagai galat satu perhitungan bulanan bagi tiap famili.

Tetapi, dalam hidup berumah tangga pastinya wajibmencoba hayati hemat agar nir boros dalam aturan tersebut. Salah satu yg mampu dihematkan adalah pompa air.

 Baca jua: Ingin Bangun Rumah? Berikut Pertimbangan yang Sering Bikin Galau

Mengutip buku ‘Kiat Hemat Bayar Listrik’, Jakarta, Sabtu (7/tiga/2020), pompa air merupakan galat satu mesin yg berfungsi buat menyedot air, baik menurut asal airnya langsung, maupun menurut air yg telah ditampung. Namun nir dipungkiri bahwa pompa air memerlukan energi listrik supaya dapat bekejra sesuai menggunakan kegunaanya.

Jika kita menyalakannya terus menerus, tentu saja pastinya akan boros. Penggunaan energy listrik buat pompa air mampu menjadi tinggi seiring menggunakan tingginya kebutuhan air pada mencuci, mandi, memasak & sebagainya.

 Baca pula: Membuat Taman pada Rumah Minimalis, Begini Caranya

Oleh karenanya, penggunaan pompa air listrik ini perlu ditekan semaksimal mungkin supaya biayapenggunaan listriknya pada ekonomis. Namun, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kata-istilah dalam pompa air listrik di pasaran.

– Daya hisap adalah kemampuan/kapasitas pompa buat menarik/menghisap air menurut titik pompa sampai kedalaman asal air/sumur. Satuan yang digunakan merupakan meter

– Daya dorong adalah kemampuan pompa buat mendorong air dari titik pompa hingga tempat penampungan atua titik munculnya air. Satuan yang dipakai adalah meter.

– Total head adalah kapasitas/kemampuan pompa maksimum yg bisa dicapai dari asal air sampai titik air yang dipindahkan. Merupakan total berdasarkan daya dorong dan daya hisap.

– Kapasitas pompa adalah kemampuan pompa buat memindahkan air menurut asal air sampai ke titik akhir dalam jumlah tertenu dengan satuan ketika, misalkan liter/mnt.

 Baca jua: Tekan Biaya, 6 Bahan Alternatif Ini Bisa buat Bangun Rumah Murah

Misalnya dalam sebuah pompa air tertera data daya 125 w, daya hisap 9 M, daya dorong 13 M, tegangan 220 V dan kapasitas 35 l/m.

Artinya pompa air tersebut akan bekerja efektif dengan kapasitas 35 liter per mnt dalam tegangan listrik 220 volt.

Kemampuan menghisap air tanah hingga kedalaman 9 meter & memiliki kemampuan mendorong air ke reservoir sampai ketinggian 13 meter. Pompa air tersebut membutuhkan daya sebanyak 125 W buat dapat bekerja. Berdasarkan data yg tertera dalam pompa air tadi, bila nir memenuhi galat satu ketentuan, misalkan tegangan turun sehingga lebih minidari 220 V, kapasitas pompa air tadi juga akan berkurang.

Oleh karena itu, berikut kiat menentukan pompa air yg dapat menghemat pengeluaran engkau :

Dalam menentukan pompa air yg baik harus diperhatikan beberapa hal berikut supaya pompa air tersebut bisa bekerja secara optimal namun enertgi listrik yang digunakan juga nir terlalu akbar.

a.Cari pompa air yg nilai daya hisapnya sama dengan kedalaman permukaan air tertinggi dalam sumur. Jika nir terdapat yg sempurna, cari yang mendekati dengan membandingkan spesifikasi berbagai jenis pompa yg bisa dilihat melalui brosur atau katalog produk. Hindari penggunaan pompa yg berdaya hisap lebih tinggi dari kedalaman sumur lantaran daya listrik yang dipakai pun akan semakin besar& boros

b.Jika terpaksa memilih pompa air bedaya hisap miniberdasarkan kedalaman permuakaan air sumur, siasati dengan memasukan pompa air sedalam selisih antara kedalaman bagian atas air tanah & nilai daya hisap.

c.Pilih pompa air yang daya hisapnya kuat, daya semburnya kencang, namun energy yang diperlukan kecil

d.Jangan memilih pompa air yang biasa. Pilihlah jenis pompa air yg anti karat menggunakan kekuatan jet.

e.Pilih kapasitas pompa air yang sinkron dengan kebutuhan

f.Pilih pompa air yg memiliki bunyi paling halus, umumnya ditunjukan data pada satuan decibel (db). Semakin mininilai db, semakin halus jua suaranya.

g.Pilih pompa air yang mudah perawatannya dan mempunyai sparepart yg gampang didapat dan memiliki garansi lebih panjang

Biasanya jenis pompa dengan kriteria seperti pada atas harganya agak mahal, namun dalam jangka panjang penggunaannya nir akan banyak kasus. Namun, lebih baik mahal pada saatpembelian awal daripada mahal pada porto penggunaan listrik serta perawatannya.

dua.Kiat irit memakai pompa air

Setelah memilih dan mendapatkan pompa air yang diinginkan, langkah berikutnya adalah bagaimana memakai pompa air ini dengan bijak agar tidak mengakibatkan pemborosan pada penggunaan listriknya. Adapun kiat-kiat yang dapat ditempuh sebagai berikut.

a.Gunakan reservoir/tangki penampung air & nyalakan pompa air hanya jika air di pada reservoir hampir habis. Hindari penggunaan pompa air yang terus menerus (non-stop) karena selain boros air, & boros listrik, pula akan membuat pompa air cepat rusak.

b.Gunakan sistem control otomatis misalnya penggunaan pelampung pada reservoir. Dengan cara ini arus listrik ke pompa air dapat segera terputus otomatis bila air pada pada reservoir sudah penuh sebagai akibatnya dapat menghindari terjadinya kelalaian mematikan pompa listrik.

c.HIndari kondisi pompa yg seringkali “nyala-mati”. Karena semakin sering pompa air”nyala-mati”, semakin besarjuga daya listrik yg dipakai.

d.Pilihlah jenis pompa air yang sinkron menggunakan kebutuhan dan memiliki taraf efisiensi yg tinggi. Caranya merupakan dengan memeriksa katalog, brosur, atau media kenaikan pangkatlain sebelum tetapkan buat membeli.

e.BIla tidak memakai reservoir, pergunakan pompa air buat mengisi bak/ember, baru lalu dipakai buat keperluan sehari-hari. Selalu awasi proses pengisiian air ke bak/ember melalui keran & hindari menyalakan keran sambil beraktifitas lantaran bisa menyebabkan air meluap berdasarkan ukuran aporisma/bak ember sehingga menyebabkan pemborosan.

f.BIla nir memakai reservoir, pastikan jua instalasi pipa air & keran tidak ada yg bocor. apabila ada yang bocor maka akan seringkali “nyala-mangkat ” lantaran sistem pada pompa air bekerja menurut tekanan.

g.Selalu periksa pulang kelistrikan dan kabel-kabel serta pastikan buat selalu terlindungi menurut gigitan tikus atau hewan lainnya.

h.Apabaila terdapat kelainan dari suatu pompa air, segera periksa apakah pompanya suda mulai aus. BIasanya ditandai dengan suara pompa yang lebih keras dari biasanya.

i.Jika pipa hisap pada pompa air acapkali kehabisan air dalam pipa hisapnya (kata populernya “minta dipancing”), terdapat kemungkinan terjadi kebocoran pada plastic pada pada pipa hisapnya atau sanggup pula terjadi akibat bagian check valve(klep bawah) nya telah tidak berfungsi sebagai mana mestinya lantaran kotor atau pecah. Untuk pemugaran kasus ini, diperlukan donasi tukang sumur/ pompa karena wajibmengangkat pipa hisap yang posisinya berada dekat menggunakan bagian atas sumber air pada sumur.

j.Segala kejanggalan yang terjadi pad apompa air, baik yg ringan maupun berat, harus segera direspon. Minimal dilakukan pengecekan sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah

k.Pasang stabilisator jika sumber listrik tidak stabil, misalkan tegangan acapkali naik turun. Hal ini buat menghindari kerusakan pada alat-alat listrik, terutama pompa air.

(rzy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *