Cara Memasang Pompa Air Listrik Kabel Switch Otomatis

Bagi anda yg baru mempunyai mesin pompa air listrik dan ingin memasang atau memasang saklar otomatis atau anda yg ingin belajar memasang saklar otomatis pompa air listrik silahkan menyimak artikel dibawah ini, semoga berguna.

Pemasangan sakelar otomatis sangat diperlukan pada pompa air listrik agar kita nir repot-repot menyalakan pompa saat air di tank penampungan kosong, atau mematikan pompa saat air pada reservoir sudah penuh. 

Terdapat 2 jenis sakelar otomatis yg dipasang pada instalasi kabel sakelar otomatis pompa air listrik, yaitu:1. Sakelar yang dipasang pada bodi mesin

Merupakan jenis sakelar yang menggunakan sistem tekanan air, sakelar akan menyuplai listrik ke mesin pompa apabila tekanan dalam pipa divestasi mini(keran air terbuka) & sakelar akan memutus aliran listrik ke mesin pompa waktu tekanan berada pada dalam pipa pembuangan air memiliki tekanan besar(keran air tertutup), dengan istilah lain pompa akan menyala buat mengalirkan air saat ada keran terbuka & mesin akan berhenti ketika keran ditutup.dua. Saklar otomatis yg dipasang dalam tandon air / tangki air / toren / tandon air

Saklar jenis ini dipasang dibagian atas tandon air, bila air pada tandon habis maka saklar ini akan mensuplai listrik ke Pompa air buat mengalirkan air ke reservoir air, & ketika air di reservoir telah penuh maka saklar otomatis akan mematikan mesin pompa. 

Cara kerja sakelar ini didukung sang dua butir pelampung yg diikatkan pada tuas saklar otomatis, apabila air pada tangki pada keadaan kosong maka kedua pelampung tersebut akan terkena gaya gravitasi bumi sehingga akan menarik tuas saklar ke ” ON “posisi & akan menghidupkan pompa buat mengalirkan air ke reservoir. 

Bila air di reservoir sudah penuh maka ke 2 pelampung tersebut akan terangkat ke bagian atas air yang menyebabkan saklar otomatis pulang ke posisi: OFF “, kemudian aliran listrik ke pompa terputus sebagai akibatnya air Pompa mangkat , sehingga aliran air ke reservoir akan terhenti.

Terlepas menurut contoh sakelar otomatis buat pompa air listrik anda, cara pemasangannya permanen sama yaitu menggunakan memotong kabel positif / fasa / kebakaran menurut jalur primer instalasi listrik ke mesin pompa air listrik. Cara instalasinya adalah sebagai berikut:Hubungkan kabel positif pada jalur utama instalasi listrik pada tempat tinggalke keliru satu terminal kabel pada sakelar otomatis.Hubungkan terminal lain dari kabel sakelar otomatis ke salahsatu kabel mesin pompa air listrik.Sambungkan kabel negatif berdasarkan jalur utama instalasi listrik di tempat tinggalke kabel mesin pompa yang belum disambungkan kemana-mana.Bungkus sambungan kawat yg terbuka untuk mencegah korslet atau menyentuh kulit Anda.apabila dirasa perlu, pasangkan kabel arde ke bodi mesin pompa menggunakan menyambungkan kabel arde ke keliru satu sekrup yg terpasang pada bodi mesin.

Untuk sakelar otomatis yg dipasang dalam badan mesin pompa yg menggunakan sistem tekanan air, selesainya memasang sakelar wiring harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pompa digunakan, dengan mengatur pengaturan “pegas” dalam sakelar, caranya adalah:tutup seluruh keran air lalu buka keliru satu keran.apabila mesin pompa tidak mau menyala, putar baud penyetelan hingga mesin menyala lalu pisahkan beberapa ketika.bila mesin menyala stabil & air mengalir, maka tutup balikkeran yang terbuka dan tunggu beberapa ketika.Jika mesin tidak berhenti, putar baud penyetelan balikke arah putaran sebelumnya sampai mesin pompa berhenti / tewas.

Sakelar otomatis akan bekerja normal selama air pada asal (lubang bor / sumur) terdapat & ketinggian air terpasang ke pipa & sakelar dalam kondisi prima. apabila air dalam sumber kosong dan nir ada air yg mengalir ke mesin pompa. Sedangkan mesin permanen hayati dalam waktu lamamesin pompa akan memanas yang menyebabkan kumparan pada motor pompa putus dampak terbakar. 

Untuk mencegah Hal ini, alangkah baiknya apabila kabel yg dipasang dari saluran listrik primer ke saklar otomatis dipasang saklar manual yang diletakkan pada loka yang mudah dijangkau, jadi bila kita akan menentukan rumah dengan harga yang nisbi murah. jangka ketika yg lamadengan perasaan aman, relatif tekan tombol manual ini buat poaiai “OFF”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *